Mengarsipkan Suatu Website Lama

Mengarsipkan Suatu Website Lama post thumbnail image

Mengarsipkan Suatu Website Lama – Dewasa ini, pemakaian website merupakan salah satu cara yang positif untuk memasarkan suatu produk, memberikan informasi penting, menuangkan opini, dll. Website dapat diakses oleh siapa saja dengan mudah selama memiliki koneksi internet yang baik. Selain itu, ada berbagai jenis website yang bisa dikelola berdasarkan kepentingan pembuatnya. Website untuk keperluan komersial biasanya memiliki domain .com. Sedangkan website yang digunakan oleh pemerintah biasanya memiliki domain yang berakhir .gov dan diikuti oleh domain negara masing – masing. Seseorang juga bisa menggunakan website demi keperluan personal dari beberapa situs online yang menyediakan layanan website personal secara gratis. Banyaknya jumlah website baru yang bermunculan membuat beberapa perubahan penting. Ada kalanya website yang telah lama dibuat menjadi terbengkalai. Sehingga, website tersebut perlu untuk diarsipkan. Dalam beberapa kasus lain, sebuah perusahaan ingin memindahkan semua informasi dari website lama ke website baru yang mempunyai fitur lebih canggih. Oleh karena itu, mereka akan sering mengarsipkan website lama yang tidak terpakai. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengarsipkan suatu website lama dan jarang diakses?

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengarsipkan suatu website. Salah satunya adalah pengarsipan suatu website yang dilakukan secara manual. Dalam hal ini, pengguna harus menggunakan layanan penyedia pengarsipan website atau situs lain yang bisa mengarsipkan website. Salah satunya adalah dengan menggunakan Wayback Machine. Situs online ini bisa menampilkan beberapa website yang telah lama menghilang. Sehingga, bagi pengguna yang ingin melihat situs lama yang telah terhapus bisa menggunakannya. Selain itu, pengguna juga bisa mengarsipkan suatu halaman website yang penting bagi mereka. Hal ini akan sangat berguna untuk menyimpan beberapa informasi yang mungkin saja bisa terhapus dari jaringan internet karena beberapa hal. Oleh karena itu, penggunaan Wayback Machine menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam mengarsipkan suatu website.

Untuk dapat mengarsipkan suatu website, pengguna harus mengunjugi situs Wayback Machine. Situs tersebut memiliki domain .org. Mengapa? Pada awalnya, Wayback Machine merupakan sebuah komunitas yang mengembangkan sistem untuk mengarsipkan beberapa halaman website. Komunitas ini kemudian semakin besar dengan fungsinya yang semakin baik pula. Sehingga, memudahkan bagi pengguna untuk mengarsipkan website maupun mencari website yang telah diarsipkan. Setelah pengguna menemukan homepage atau halaman awal dari Wayback Machine, pengguna dapat memilih menu Save Page Now. Menu ini terletak di bagian bawah kanan dari homepage. Selain itu, menu ini juga menampilkan beberapa keterangan yang memuat ketentuan dari pengarsipan yang difasilitasi oleh Wayback Machine.

Lantas, apa yang kemudian dilakukan? Pengguna dapat meng-copy alamat URL dari website yang ingin diarsipkan. Setelah itu, alamat URL tersebut di-paste-kan pada kolom yang tersedia homepage Wayback Machine. Setelah itu, pengguna dapat menekan tombol Save Page untuk mengarsipkan halaman website tersebut. Pengguna juga dapat menekan tombol enter untuk mengarsipkan halaman website yang ingin diarsipkan. Proses pengarsipan dari sebuah website menggunakan Wayback Machine pun selesai. Jika proses pengarsipan website tersebut sukses, maka akan muncul jendela pop up yang berisi proses crawling. Hal yang perlu diingat dari proses pengarsipan ini adalah bahwa proses pengarsipan hanya bisa dilakukan pada satu halaman saja. Hal ini dikarenakan proses ini merupakan proses manual. Oleh karena itu, pengguna yang ingin mengarsipkan semua halaman yang ada di website harus melakukannya satu persatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *