Mengarsipkan Sebuah Website Lama dengan Menggunakan Web Archive

Mengarsipkan Sebuah Website Lama dengan Menggunakan Web Archive post thumbnail image

Mengarsipkan Sebuah Website Lama dengan Menggunakan Web Archive – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih terutama teknologi informasi, maka cara yang dilakukan oleh orang – orang yang ingin memberikan informasi juga berbeda dengan beberapa dekade lalu. Saat ini, banyak institusi termasuk perusahaan, pemerintah, maupun insitutusi pendidikan dan kesehatan yang lebih sering memberikan informasi dengan cara menuliskannya ke dalam sebuah postingan yang kemudian diunggah ke dalam sebuah website. Oleh karena itu, maka tak heran jika penggunaan website menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari. Banyak website juga digunakan untuk memberikan sebuah opini, pandangan politik, maupun beberapa gambar. Hal ini biasanya dilakukan oleh pengguna website personal atau pribadi. Sehingga, informasi yang ditampilkan oleh website juga berputar pada opini pribadi.

Banyaknya website yang dikembangkan juga berefek pada banyaknya website lama yang diarsipkan. Mengapa sebuah website diarsipkan? Ada beberapa alasan yang menyebabkan sebuah website diarsipkan. Salah satunya adalah informasi yang ada pada website telah diperbarui. Sehingga, akan lebih baik jika halaman website tersebut diarsipkan agar tidak menimbulkan kebingungan terhadap masyarakat yang membaca informasi pada website tersebut. Beberapa pemilik website juga menghapus website yang mereka miliki karena akan beralih pada website yang baru atau berhenti memberikan informasi terkait yang ada pada website tersebut. Hal ini biasanya terjadi pada sebuah website yang telah berusia lama. Sehingga, orang – orang yang ingin membuka website tersebut akan kesulitan. Hal ini dikarenakan URL yang ada pada website telah terhapus. Sehingga, tidak biasa diakses dengan cara biasa.

Meskipun begitu, ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk membuka kembali halaman website yang telah dihapus atau diarsipkan oleh pemilik website. Bagaimana caranya? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengakses mesin pencari arsip website seperti web.archive.org. Mesin pencari ini merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan oleh komunitas untuk mendokumentasikan apa saja hal yang berhubungan dengan website dan konten yang tersebar di internet. Hal ini memungkinkan bagi para pencari data dan informasi dari website judi bola online yang telah terhapus dapat menemukannya dengan mudah. Lantas, bagaimana metode pengarsipan yang menjadi dasar mengarsipkan halaman website?

Hal pertama yang perlu dipahami adalah tipe halaman yang bisa diarsipkan oleh web archive. Sampai saat ini, ada beberapa tipe halaman yang kompatibel dengan cara kerja web archive seperti JavaScript, HTML web, konten web yang mengandung gambar dan video, serta Style Sheet. Web archive juga bisa menyimpan berbagai macam halaman website yang memiliki konten yang cukup panjang. Sehingga, dapat dipastikan bahwa semua website yang telah diarsipkan atau dihapus dapat diakses kembali. Proses yang sangat penting dalam pengarsipan adalah menjaga keutuhan dan keaslian dari website yang diarsipkan. Dalam hal ini, web archive menggunakan fitur yang disebut XML. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan konten yang telah disimpan dalam database menjadi sebuah skema yang utuh dan mengandung data asli. Sehingga, keaslian data pada halaman website dapat dijaga. Akan tetapi, data yang ditampilkan dengan menggunakan XML biasanya akan menjadi tampilan yang kurang rapi. Akan tetapi, hal terpenting seperti kelengkapan informasi serta keaslian informasi dapat terjamin. Oleh karena itu, halaman website yang diarsipkan dan ditampilkan oleh web archive memiliki kredibilitas yang memadai untuk dijadikan sumber rujukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *